Kamis, 24 Mei 2012

Asing Vanuatu kepala urusan membela link Bahasa Indonesia menjelang ACP

Sebagai Vanautu mempersiapkan untuk, Afrika Karibia dan Pasifik pertemuan negara dengan Uni Eropa bulan depan, Pejabat Direktur Luar Negeri telah dibenarkan negara itu meningkat berurusan dengan Indonesia.
Johnny Koanapo mengatakan Indonesia "hanya satu pasangan lain", meskipun reaksi lokal pekan lalu di Port Vila ketika demonstran rally terhadap kehadiran sebuah pesawat militer Indonesia.
"Kami pikir tidak ada gunanya dalam menciptakan musuh," katanya. "Kami ingin menjadi teman bagi semua dan musuh tidak ada."
Orang-orang Vanuatu telah lama menjadi pendukung Melanesia "saudara" di Papua Barat dan pada tahun 2010 Parlemen mengeluarkan resolusi meminta PBB untuk meninjau legalitas dari pengaturan antara Belanda dan Indonesia atas Papua Barat.
Pekan lalu, 24 demonstran ditangkap di Port Vila ketika sebuah pesawat Hercules mendarat bahasa Indonesia.
Salah satu spanduk berbunyi: "Vanuatu bagi orang Papua Barat; [Perdana Menteri Sato] Kilman untuk bahasa Indonesia pembunuh."
Wakil editor dari Vanuatu Independen Evelyn Toa mengatakan penahanan itu perhatian. Dia mengkritik pemerintah Vanuatu dalam kolom pendapatnya di surat kabar mingguan.
'Mulia penyebab'"Mereka yang ditangkap dan berdiri melawan Indonesia di terminal Internasional Bauerfield setidaknya memberi harapan bagi negeri ini yang masih memiliki beberapa orang yang bijaksana yang bersedia untuk membuat berdiri untuk tujuan mulia bahkan jika pemimpin kita tidak," katanya .
Ketika ditanya tentang konflik kepentingan yang terlibat dalam mendukung sebuah negara yang telah dituduh pelanggaran di Papua Barat, Koanapo mengatakan bahwa penting untuk terlibat tetap.
"Pendekatan-satunya adalah dengan dialog, dan Anda tidak bisa menutup pintu dan berpura-pura bahwa Anda berada dalam dialog," katanya.
"Tidak ada yang bisa lari dari fakta sejarah bahwa Vanuatu, antara lain sangat sedikit di Pasifik, telah mendorong ide dekolonisasi Papua Barat," katanya.
"Dan memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia tidak merusak itu."
Dia mengatakan Vanuatu telah meminta bantuan dari sejumlah negara untuk menyediakan untuk pertemuan ACP bulan depan dan Indonesia serta Luksemburg telah menanggapi.
Pemerintah Indonesia memberikan pelatihan bagi petugas polisi di menjelang konferensi, dan mengisi celah yang ditinggalkan oleh Australia diusir petugas Polisi Federal.
Polisi dideportasiPerdana Menteri Sato Kilman dideportasi petugas dan keluarga mereka setelah ia tidak dihormati di bandara Sydney saat transit bulan lalu.
Koanapo mengatakan "bersejarah" Pertemuan itu adalah kesempatan untuk menampilkan Vanuatu dan Pasifik.
"Banyak orang-orang ini belum pernah ke Pasifik, sehingga akan menjadi penting bagi kami secara nasional, tetapi juga secara internasional seperti yang kita menempatkan masalah Pasifik dalam agenda global."
Ini akan menjadi pertemuan internasional terbesar di Vanuatu di 32 tahun sejarahnya, dan editor dari Vanuatu Independen Tony Wilson mengatakan itu adalah tanda bahwa Pasifik telah datang usia.
"The Pacific adalah menemukan bahwa ia dapat tumbuh bersama sebagai sebuah wilayah, yang merupakan sesuatu yang cukup baru," katanya.
"Misalnya Kelompok Spearhead Melanesia sangat kuat, dan berkembang dalam status. Anda bertanya orang di sini di jalan dan mereka akan tahu tentang MSG. "
Pertemuan ini akan memerlukan logistik dan pendanaan yang Vanuatu belum terlihat sebelumnya, tetapi Koanapo mengatakan hal ini akan memberikan dorongan bagi negara untuk mengadakan konferensi masa depan.
Kapasitas stimulus"Tanpa konferensi ini kita tidak akan mampu untuk membangun pusat konferensi kami yang baru, jadi stimulus yang dipicu kemampuan kita untuk pertemuan ini.
"Ekonomi-bijaksana, kita berharap ini juga akan menjadi kesempatan untuk membantu meningkatkan jalan dan infrastruktur dasar."
"Ini adalah momen bersejarah dalam banyak cara."
Alex Perrottet memberikan kontribusi editor Pasifik Media Watch dan telah di Vanuatu selama seminggu terakhir untuk proyek penelitian.
Vanuatu polisi penangkapan demonstra

Tidak ada komentar:

RINDU SAHABATKU

Seorang sahabat, yang ku nantikan kehadirannya dalam kehidupanku pada tgl 25/06/2020  pukul 15: 30 itu, terasa hatiku berdebar bahagia, da...