Senin, 06 Agustus 2012

MEMAHAMI KONFLIK

PENGANTAR
Konflik adalah suatu keniscayaan sejarah, jangankan antar manusia antar lidah dan gigi sajah,yang posisi dan fungsinyah sudah sangat jelas,tetapi roh masih kerap dijumpai kasus lidah dan tergigit gigi.
Karena konflik hanya merupakan fakta kehidupan maka sesunggunya konflik tidak terkait dengan persoalan baik degan buruk, dan yang penting adalah bagaimana kita mengelolah konflik tanpa pertentangan opini, tdak tidak akan ada dorongan menuju perubahan yang tidak ada kemajuan.
PRESEPSI DAN KONFLIK
Orang memmiliki pesektif yang berbeda-beda mengenai kehidupan dan berbagai  permasalahannya, hal ini di sebabkan karena adanya perbedaan dalam berbagai hal yang melatarbelakanginya, yaitu: sejarah dan karakter masing-masing orang,jenis kelamin,pandangan hidup yang khas,
KONFLIK DAN KEKERASAN
Secara konseptual konflik dibedakan dengan kekerasan. Konflik adalah hubungan antara dua pihak atau lebih,yang memiliki atau mereka menganggapmemiliki tujuan yang berentangan. Sedangkan kekerasan meliputi tindakan, kata-kata dan sikap struktur atau sisten yang menyebabkankerusakan fisik,psikis,lingkungan dan menutup keungkinan orang untuk mengembangkan potensinya.
FAKTOR PENYEBAB KONFLIK
Beberapa faKtor yang menyebabkan terjadinya konflik itu dibedakan dalam beberapa yenis yaitu:
*       Pemicu, peristiwa yang  memicu sebuah konflik namun tidak di perlukan dan tidak cukup memadai untuk menjelaskan konflik itu sendiri.
*       Inti/ penyebab dasar, erletak pada akar konlik yang perlu di ganti supaya padaakhirnya mengtasi konflik.
*       Mobilisasi, masalah-masalah yang memobilisasi kelompok unuk melakukan tindakan kekerasan.
*       Memperburuk, faktor yang memberkan tambahan kepada  faktor mobilisasi  dan factor inti/penyebab dasar, namun tidak cukup untuk dapat menimbulka konflik itu sendiri.
TEORI PENYEBAB KONFLIK
Kita perlu mempertimbangkan cara unuk membahas konflik sehingga di pertimbangkan ringkasan teori-teori besar tentang penyebab konflik masing- masing menunjuk pada metode sasaran yang berbeda yaitu:
*    Hubungan komunitas, mengasumsikan bahwa konflik di sebabkan oleh polarisasi, ketidak percayaan, dan permusuhan antara kelompok-kelompok yang berbeda dalam suatu komunitas
*    Negosiasi utama, mengasumsiakan bahwa konflik di sebabkan oleh posisi yang tidak tepat serta pandangan tentang pengukurannya mengenai konflik yang di adopsi oleh kelompok yang bertentangan.

Tidak ada komentar:

RINDU SAHABATKU

Seorang sahabat, yang ku nantikan kehadirannya dalam kehidupanku pada tgl 25/06/2020  pukul 15: 30 itu, terasa hatiku berdebar bahagia, da...